Tips Memancing Ikan Betok / Papuyu

Papuyu atau Betok adalah ikan yang susah susah gampang memancingnya. Kali ini saya akan berbagi tips memancing ikan betok/ papuyu yang efekt...

Papuyu atau Betok adalah ikan yang susah susah gampang memancingnya. Kali ini saya akan berbagi tips memancing ikan betok/ papuyu yang efektif.

Meskipun buas, betok adalah ikan pemalu. Sering bersembunyi diantara rumput, dibawah daun teratai, dan ditempat tertutup lainnya. Ikan ini juga berbeda warna dan perilakunya berdasarkan lokasi hidupnya.

Betok yang hidup di air payau biasanya berwarna gelap, tinggi, dan lebih pendiam. Ikan ini hidup di air berarus lambat atau kadang tidak berarus/air diam. Banyak terdapat di daerah sekitar laut, di rawa gambut, dll.

Ada juga betok yang hidup di air mengalir/ sungai berarus dengan kadar fresh dan tidak berwarna kehitaman. Ikan ini berwarna macam macam. Mulai dari kuning tanah, abu abu kehijauan, dan yang banyak berwarna biru samar.

Penggunaan Umpan
Umpan favorit memancing betok tidak selalu sama untuk setiap lokasi. Umpan yang efektif di satu lokasi bisa jadi tidak mempan di lokasi lain.

Umpan yang paling populer untuk ikan ini adalah ulat bambu(bumbung), Telur/anak serangga, dan beberapa jenis kepompong muda dari tawon, ulat pisang, dsb. Cacing tanah juga biasa dipakai sebagai umpan andalan beberapa orang.

Titik Spot
Ikan betok hampir selalu berkeliaran ditempat yang ada tanamannya. Meskipun ada juga yang nyasar di tempat polos, biasanya mereka hanya sambil mencari habitat lain yang subur.

Saat memancing betok, carilah spot yang banyak rumput atau tanaman teratainya. Ikan ini sangat menyukai tempat tempat tersebut. Pokoknya tempat tempat yang teduh dan tidak panas.

Waktu Memancing
Ini yang paling penting. Betok biasanya agresif di pagi dan sore hari jika anda memancing di tempat terbuka, tetapi betok akan sangat agresif antara pagi sampai tengah hari jika anda memancing di tempat yang sangat terlindung pepohonan.

Bagaimanapun, lokasi juga mempengaruhi. Namun pada umumnya, betok menyukai tempat teduh.

Cuaca
Ikan ini lebih sering terlihat mudah dipancing ketika cuaca cerah atau mendung. Sedangkan saat gerimis atau hujan, ikan ini jadi malas makan umpan.

Saat ada suara petir, ikan ini biasanya tidak bernafsu makan.

Mata pancing dan senar
Memancing betok biasanya menggunakan mata kail kecil dari ukuran 5 sampai 12. Tergantung dari ukuran rata rata ikan yang dipancing.

Untuk senar biasanya menggunakan fillament/nylon bening size kecil. Sebaiknya gunakan nilon yang agak kuat karena betok sering membawa pancing melilit ke semak semak, rumput, dan akar pohon.

Demikian tips yang bisa saya berikan. Tips ini berdasarkan pengalaman yang selama ini saya praktekkan.

COMMENTS

Name

Android,1,Bait casting,9,Daido,2,Daido Gorilla,1,Daiwa,4,download windows 10 terbaru,1,Fugu,1,G6,1,Hinomiya,1,Ikan,1,Info,2,Jigging,2,Kenzi,1,Kyoto,1,Maguro,1,Maguro Avengers,1,Penn,3,personal,1,PIE,1,reel,11,Relix,5,Review,3,shimano,1,Spinning,3,Spot,1,Stick,8,tips,6,
ltr
item
DA 1 M: Tips Memancing Ikan Betok / Papuyu
Tips Memancing Ikan Betok / Papuyu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjo6faKuNaKYF71y7v_ZFUE4mw9o6c5UkFiHZNxfFhiEEXrQTvsnvhsi3y48I8_DQ3qw7pwRdCqaEMy0ELk4zHZrLea7U88F9BkPqIOZqrHgIp1rxOyNBI77Wfth_uHqMiW-Oy3PZXRtHY/s640/gomancing-cara-mancing-ikan-betok.ikan-betik-2.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjo6faKuNaKYF71y7v_ZFUE4mw9o6c5UkFiHZNxfFhiEEXrQTvsnvhsi3y48I8_DQ3qw7pwRdCqaEMy0ELk4zHZrLea7U88F9BkPqIOZqrHgIp1rxOyNBI77Wfth_uHqMiW-Oy3PZXRtHY/s72-c/gomancing-cara-mancing-ikan-betok.ikan-betik-2.jpg
DA 1 M
https://lorddaim.blogspot.com/2017/08/tips-memancing-ikan-betok-papuyu.html
https://lorddaim.blogspot.com/
https://lorddaim.blogspot.com/
https://lorddaim.blogspot.com/2017/08/tips-memancing-ikan-betok-papuyu.html
true
7362303933858372469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content